Rabu, 01 Agustus 2012

Tea Time , My Favorite Time

Gw. Suka. Banget. Sama. Teh

Ahahah lebay amat deh nulisnya. Yep, gw suka minum teh sejak kecil. Mungkin karna kebiasaan di keluarga gw juga kali ya. Jadi sejak dulu tuh nyokap pasti bikinin teh untuk semua anggota keluarga pagi-pagi. Kita pun punya gelas masing-masing. Alm. bokap pake gelas paling gede dgn ilustrasi kakek mangku cucunya. Gelas nyokap lebih kecil, warnanya item. Gelas kakak gw dari milo, warnanya ijo. Gelas abang gw dari frisian flag, warna biru. Gelas gw sendiri dari souvenir dirgahayu RI ke-46. Hehehe, emang bukan gelas mahel, tapi kalo ga minum dari gelas masing-masing kayanya ga sreg (sekarang sih cuma gelas gw dan bokap yg masih ada, lainnya pecah dan udah ganti-ganti).

Jadi, kalo bangun tidur gw begini: Bangun, kriyep-kriyep dulu, pipis, trus langsung nyamperin meja makan nyariin teh. Minum sambil bengong-bengong di kursi goyang. Mantep.

Katanya sih,, produksi teh itu sama kaya produksi wine. Ada seni-nya, dan harus sepenuh hati untuk ciptain teh bercita rasa tinggi. Contohnya, black tea bandingannya kaya red wine, oksidasi penuh. Sementara green tea dan white tea kaya white wine, oksidasi cuma sedikit. Naah katanya juga nih, untuk bisa nikmatin teh to the fullest, peminum teh harus tau hal-hal ini:
  1. Manis : Ujung lidah bisa ngerasain manisnya teh 
  2. Keasaman : Sisi lidah bisa ngerasain keasaman teh
  3. Tannin : Dasar lidah bisa ngerasain sepet-sepetnya teh
  4. Tahan lama : Daun teh yang berkualitas bagus rasanya bakal tahan lama
  5. Seimbang : Kualitas teh yang bagus bisa ngasih keseimbangan alami dan kesenangan saat diminum
Yah, mungkin yang bukan penikmat teh ga begitu ngerti penjelasan diatas yah *macam gua ngarti aja*.


Ini teh-teh lokal yang sering gw minum *selain sariwangi*. Masing-masing punya rasa khasnya sendiri lho:
  1. Walini Black Tea : Dikenalin sama teh ini pertama kali sama temennya abang gw yang kerja disana. Rasanya kental, sepetnya pas, aromanya juga wangii. Tapi setelah jadi kemasan baru, menurut gw rasanya jadi menurun :(
  2. Sosro Heritage : Teh celup dengan aroma teh cong melati. Enak banget, ada sedikit aroma-aroma gosong khas teh cong gitu. Ngingetin gw sama teh cong di kampung halaman, Magelang. Daun teh direbus langsung di ceret aluminium jadul, trus manis gulanya menye-menye *tau menye-menye ga?* Minum teh cong panas-panas di udara pagi Magelang yang dingin, wuiiiih....
  3. Prendjak : Ini juga teh yang udah ada dari jaman dulu dan awalnya susah dicari. Sekarang udah ada di supermarket. Teh ini punya rasa unik, aroma rose. Enak 



1. Collection 4 flavored tea. 2. Camomile. 3. Peach. 4. Four Red Fruits. 5. Passion Fruit, Mango, and Orange

Nah, kalo yang ini teh merk asing yang suka gw beli, Twinnings from London. Flavored tea macem-macem. Persis kaya di cafe *nyang secangkirnya bisa 20 rebu lebih itu looh*. Harganya emang mahal, sekotaknya 40-60 ribuan. Tapi rasanya cuuy, beeuuuuhh bener-bener bisa bikin relax. Mo pagi, siang, malem, you choose!  Untuk rasa buah, Passion Fruit, Mango, and Orange juaranya. Tapi untuk teh herbal yang bener-bener bikin lo calm and totally relax, coba deh camomile. Jangan pake gula yah, tapi pake madu. Minum panas-panas sebelum tidur. Dijamin mimpi indah!

Kalo yang ini agak-agak langka nih. Ngapa langka? Karna ini Maple Tea, teh khasnya Kanada. Gw titip ini sama sepupu yang stay di Amrik, waktu dy balik ke Indo. Bahkan sepupu gw beli ini via online karna katana ga ada di toko-toko *kok bisa yah?* Yang unik, kotak teh ini dari kayu, cara bukanya di sliding. Lucu deh. Rasanya juga unik dan enak. Kalo lagi ga pengen-pengen banget, rasanya sayang untuk nyeduh teh ini, hehehe.

Gw baca di internet, untuk dapetin aroma teh yang mantep, ada cara-cara tertentu untuk nnyeduhnya *yang cuma gw lakuin untuk teh mahal :D* Jadi pertama, kocok teko/gelas pake air mendidih, sampe bagian dalemnya memanas. Buang airnya, terus taro kantong teh disitu. Katanya uap panasnya bisa bikin aroma teh keluar dibanding langsung diseduh air panas. Terus air seduhannya harus air yang direbus mendidih dan didiemin kurang lebih 1 menit sampe suhunya turun jadi 80 derajat. Kalo suhunya terlalu tinggi, malah bikin teh jadi pait. Baru deh diseduh, celup-celup bentar lalu diemin sampe waktunya diminum nanti. Sounds ribet? Mungkin gwnya aja yang jelasinnya ribet, hehehe.

Pokoknya nge-teh itu nikmat banget, aslik..! Enjoy it alone or while munching cookies or cake

Tidak ada komentar:

Posting Komentar