Sabtu, 18 Agustus 2012

Living on a Jet Plane

Karena pekerjaan, gw sering banget naik pesawat, pergi ke berbagai kota di Indonesia. Untungnya sih selama ini ga ada insiden yang berarti baik itu untuk pesawat ataupun penumpangnya. Tapi gw pengen share beberapa cerita sehubungan dengan pengalaman gw naik pesawat :)

In flight entertaiment and food
Jelas ini Garuda juaranya secara dia satu-satunya maskapai Indonesia yang full service *eh bener kan?*. Gw inget pertama kali naik GA Boeing 737-800 yang nyediain tipi di tiap bangku itu rasanya seneng bener, dan... gw poto-poto! Bodo deh dikata norak, hahahaha. Sementara untuk makanannya, gw paling suka terbang pagi karena ada kemungkinan menu breakfastnya omelet. Gw suka sama omeletnya Garuda plus chicken sausage dan sayur rebus nya. Sederhana tapi enak dan kenyang. Pernah ya gw terbang selama 8 jam ke Jayapura, sampe disana perut genduuuut.. Abisan dikit-dikit dikasih makan. Tiap transit dikasih makan. Phew.

Pramugari
Lagi-lagi, gw paling demen sama pramugarinya Garuda. Dikata ga menarik karena udah tua, bagi gw justru itu plusnya karena persepsi gw adalah; mereka udah sangat berpengalaman dan pasti bisa diandalkan. Kalo keramahannya sih ga usah ditanya lagi. Lain sama maskapai yang hobi delay. Pramugarinya sih emang muda dan cantik-cantik, tapi kelakuan kadang minus. Pernah gw kebingungan mo naro tas di cabin luggage karena udah penuh. Si mbak pramugari cantik nunjukin tempat dimana tas gw bisa nyempil dan akhirnya naroin tas gw. Tapi kemudian doi ngomong, "loh, kok jadi saya yang ngangkat tas mbak?" Gw bener-bener bengong denger kata-katanya dan cuma bisa komentar, "lah, namanya bantuin penumpang kan mbak?" Padahal itu maskapai low cost carrier dimana pramugarinya cuma muncul menjelang take off dan landing sekedar ngecekin belt penumpang. Grrrr...!! Belakangan, pramugari yang sama marah-marah ke seorang nenek karena nenek itu agak berantakan pake toiletnya. Parah!

Turbulence
Penerbangan mengerikan itu
Benciiik kalo udah liat awan cumo nggelantung di langit menjelang terbang. Dipastikan penerbangan ga mulus.. Eh tapi ga juga ternyata. Semua tergantung PILOT. Pilot yang baik adalah pilot yang menghindari masuk awan supaya ga kena turbulensi. Biar terbangnya belak-belok, tapi yang penting penumpang ngerasa aman dan nyaman. Siapa lagi kalo bukan maskapai favorit gw yang ngelakuin ini. Beda sama maskapai merah yang hobinya nerjang awan (menurut gw yah, tapi menurut gw sih bener). Ya secara banyak ruang kosong di antara awan, yet tuh pesawat tetep terbang lurus masuk ke dalam awan. Pernah waktu itu cuaca emang jelek banget, turbulensi ga terhindarkan, dan itu penerbangan paling serem yang gw alamin! versi langitnya offroad, apa namanya? Offair? :p. Biasanya walau masuk awan, sayap pesawat masih keliatan lah ya, tapi itu sekali-skalinya gw ga bisa ngeliat sayap pesawat sama sekali saking tebelnya awan. Putiiiih semua. Plus suara mesin jetnya yang makin keras, jadi kesannya si pesawat ini lagi mati-matian terbang. Plus lagi perut gw ketinggalan dimana-mana saking goncang ke kiri-kanan-atas-bawah. Mampus bener. Tapi waktu itu karna bareng temen gw yang gila, kita malah ketawa-tawa simulasiin pilotnya yang lagi berjuang dan sempet foto-foto muka panik! Hahahaha. Alhamdulillah kita mendarat dengan selamat. Dan untuk beberapa penerbangan berikut gw lumayan jadi trauma..

Pesawat medium
dari balik jendela MA60
Tiga kali gw berkesempatan naik pesawat medium. Ini belum sampe ke kelas macam twin otter gitu yah, tapi yang jelas untuk orang yang biasa naik pesawat Boeing 737 yg gede ituh, liat pesawat Boeing seri ATR, MA-60, dan British Aero Space lumayan bikin keder. Pertama  Boeing ATR dari Kupang ke Bali. Mesin jetnya ada di sisi belakang pesawat, bukan di bawah sayap dan yah, kecil. Tapi ternyata bikin suasana kabin jadi tenaaang banget, suara mesinnya cuma kedengeran sayup-sayup. Flight itu gw laluin dengan tenang dan sepi. Kedua MA60 dari Bali-Waingapu. Secara yah kasus kecelakaan MA60 itu bombastis banget, gw jadi parno. Apalagi waktu liat si pesawat yang berbaling-baling dan gendut gitu, kesannya berat buat terbang :D. Tapi seperti yang diharapkan, take off nya lancar. Eeettt jangan seneng dulu! Menjelang landing, pesawat ini tiba-tiba nukik tajem. Serius kerasa banget nukiknya. Dan dengan posisi nukik gitu, tiba-tiba dia belok kanan. Ga lama kemudian naik lagi, nukik lagi dan tiba-tiba.. DUK. Roda udah nyentuh landasan. Bahkan gw ga sempet liat landasannya. Anjrit ajaib banget manuvernya! Nah yang ketiga British Aero Space (Bae) dari Waingapu-Kupang. Pesawat ini gw anggap keren karna punya tangga lipet sendiri untuk naik ke kabin, macam pesawat-pesawat jet pribadi gitu loh. Selain itu bodinya juga ramping, kabin berasa langsing dan panjang dengan kursi model 2-2. Yang paling berkesan dari flight ini adalah pendaratannya, mulus! Bener-bener nyaris ga berasa impactnya. Gw sama temen gw langsung tepok tangan, hahahaha. Ngomong-ngomong tentang pendaratan mulus, seumur-umur gw baru ngerasain 2 kali aja. Yang satu lagi flight AirAsia ke Kualalumpur. Mungkin ngaruh ke kualitas runway juga yee.. Tau sendiri kondisi runway di bandara Indonesia kaya gimana..

Poto juga di depan British Aero Space :p

Pilot
Gw punya pilot favorit, namanya Captain Luki Lukmansyah. Padahal yah cuma sekali doang, abis itu ga pernah dapet pilot itu lagi. Tapi yang bikin gw menobatkan dia sebagai pilot favorit adalah SUARANYA. Hahahahaha. Suaranya bariton, empuk, kalem, pokoknya bikin tenang bahkan saat dia ngumumin kalo cuaca lagi buruk. Speak of bad wheater, selama ini kalo cuaca jelek kan pengumumannya "dikarenakan kondisi cuaca yang tidak begitu baik.." lah sekarang kok jadi "dikarenakan cuaca sedang bergolak.." Buseng, ga ada pilihan kata lain yak? Kesannya itu lagi ada dewa-dewa perang di langit yang bikin cuaca bergolak -____-. Nah suatu ketika, gw pergi bareng temen gw adhit. Dia bilang, menurut mitos, kalo nama pilotnya Budi, Agus, atau satu lagi gw lupa, landingnya pasti jelek *ga tau ya itu mitos darimana*. Ndilalah, pilot kita waktu itu Captain Agus something. Eh bener loh, landingnya bouncing parah, hahahaha. Tapi kalo gw pikir-pikir sekarang, ga ada landing yang ga bouncing :D.

Yang namanya orang Indonesia yee kalo di negeri sendiri emang suka resek, ga terkecuali saat naik pesawat terbang. Contohnya:

  1. Begitu mendarat langsung lepas seatbelt dan nyalain handphone. Eeeeh situ sibuk amat sih! Ga bisa ya nunggu sampe turun dari pesawat? Walo udah mendarat pun, pilot masih komunikasi sama ATC tower, entah itu petunjuk apron atau yang lain. Jadi bukan tanpa alasan tuh handphone dilarang dinyalain sampe kita ada di bangunan terminal.
  2. Masih berhubungan sama handphone. Orang-orang juga suka cuek, tetep aja nyalain handphone di dalem pesawat waktu transit. Padahal biasanya pesawat itu refuelling di waktu transit yang artinya ada mobil tangki avtur disitu. Sama kaya di pom bensin, ada alasannya kenapa kita ga boleh mainin handphone waktu refuelling.
  3. Walo udah menjelang landing, tetep aja kursi ga ditegakin dan penutup jendela ga dibuka. Kadang-kadang pramugari juga suka luput. Take off dan landing itu saat-saat paling krusial dalam penerbangan. Kursi harus ditegakin supaya kalo ada kejadian apa-apa *amit-amit* penumpang di belakangnya bisa keluar dengan leluasa. Nah sementara penutup jendela harus dibuka supaya penumpang bisa melihat situasi di luar kalo terjadi kondisi darurat, misalnya pendaratan di air or kebakaran.
Beberapa hari lagi gw bakal mudik naik pesawat. Aaah senangnya naik pesawat dalam rangka liburan, bukan karna kerjaan..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar